Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Workshop Sehari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian

Berita Balingtan - Pada hari Senin, tanggal 9 Januari 2012 di Balai Penelitian telah diadakan “Workshop Sehari” dengan tema “Pengembangan Teknologi Mitigasi Gas Rumah Kaca di Lahan Pertanian untuk Mendukung Antisipasi Perubahan Iklim”. Workshop tersebut diikuti oleh seluruh jajaran pejabat dan peneliti Balingtan, serta mengundang tiga narasumber antara lain Prof. Dr. Iswandi Anas, M.Sc. dari IPB, Prof. Dr. Ir. Edhi Martono, M.Sc. dari UGM Yogyakarta, dan Dr. Reginawanti Hindersah dari UNPAD Bandung. Acara dimulai dari jam 08.00-16.30 wib, yang meliputi penyampaian hasil-hasil penelitian dan rencana penelitian 2012 dilanjutkan dengan diskusi. Acara dibuka oleh Kepala dan sekaligus menyampaikan profil Balingtan.

Penyampaian hasil penelitian yang berjudul  “Penelitian Teknologi Mitigasi Gas Rumah Kaca di Lahan Pertanian untuk Mendukung Antisipasi Perubahan Iklim” (Tahun  2011) disampaikan oleh peneliti Balingtan Rina Kartikawati, SP., dan usulan penelitian tahun 2012 yang berjudul “Penelitian Metodologi MRV dalam Rangka Mendukung Adaptasi Perubahan Iklim” disampaikan oleh Ali Pramono, SP., M.Biotech. Secara khusus para narasumber menyampaikan evaluasi berupa masukan-masukan terkait laporan  akhir kegiatan penelitian GRK dan peningkatan kompetensi SDM dalam penyusunan proposal. Setelah acara diskusi dan ramah tamah dilanjutkan kunjungan lapang yang dipimpin langsung oleh Kabalai, meliputi: pertanian surjan, embung, SITT ramah lingkungan, Laboratorium Terpadu, dan Laboratorium Gas Rumah Kaca.  Para tamu undangan terkesan dengan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian.