Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pemantauan Serangga Hama di KP Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Kebun Percobaan (KP) Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) malam hari kini lebih banyak lagi diwarnai dengan cahaya biru di tengah-tengah sawah. Cahaya tersebut tak lain adalah dari light trap atau lampu perangkap yang dipasang untuk menarik serangga pada malam hari supaya tidak meletakkan telurnya dipertanaman. Ada sekitar 12 light trap yang dipasang di areal seluas 10 ha.

Pemantauan serangga hama menggunakan light trap dilakukan untuk mengetahui keberadaan, jenis dan jumlah populasi serangga di lahan pertanian. Di KP Balingtan, perangkap serangga diletakkan di sekitar pertanaman padi dan jagung. Selain untuk pemantauan, light trap juga untuk pengendalian serangga hama. Pemantauan yang kontinyu dengan didukung oleh data yang lengkap dapat digunakan sebagai bahan peramalan jumlah dan jenis hama pada musim-musim berikutnya. 

Berdasarkan pemantauan yang telah dilakukan selama dua minggu ditemukan cukup banyak jenis serangga yang tertangkap di dalam alat lampu perangkap. Serangga yang tertangkap umumnya merupakan hama utama seperti penggerek batang padi dan jagung, wereng, serta lalat bibit. Selain itu ditemukan pula musuh alami atau predator seperti tomcat.

Pemantauan serangga hama menggunakan lampu perangkap sangat efektif untuk mengetahui langkah pengendalian yang harus dilakukan. (Apri-Balingtan)