Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Survei dan Investigasi Program SERASI di Pesisir Timur Sumatera Selatan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Seluas 1270 Ha sawah lahan rawa pasang surut dan lahan rawa lebak di Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi target program SERASI Kementerian Pertanian. Cengal, sebuah kecamatan di pesisir timur sumatera selatan dengan mayoritas pekerjaan masyarakat sebagai petani dan nelayan menyambut baik program SERASI.

SERASI – Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau yang biasa dikenal dengan nama OPLA - Optimasi Lahan Rawa diharapkan dapat mengatasi permasalahan pertanian lahan rawa seperti kemasaman tanah, cekaman, maupun genangan air. Dengan pengembangan lahan pertanian rawa yang baik tentunya dapat  meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) padi dan juga meningkatkan kesejahteraan petani.

Selama dua hari, Rabu dan Kamis (19-20/06), pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura telah melakukan survey dan investigasi di empat desa di antaranya Desa Pelimbagan, Sungai Jeruju, Pantai Harapan, dan Kuala Sungai Jeruju. Survei dan investigasi dibantu oleh ketua gabungan kelompok tani dan didampingi oleh kepala desa.

Melalui survei dan investigasi, didapatkan informasi keadaan real lapangan seperti luas baku, keberadaan sumber air, analisis debit air, dan kondisi saluran. Hal tersebut penting dilakukan untuk mendukung irigasi yang baik di lahan sawah pasang surut dan lebak. Selanjutnya, informasi tersebut akan digunakan dalam penyusunan rencana anggaran biaya maupun rancang bangun yang nantinya juga digunakan dalam pembangunan maupun rehabilitasi saluran irigasi, pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan bantuan produkdi padi (benih, pupuk, herbisida, maupun dolomit). (nourma - Balingtan)