Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sosialisasi Program #SERASI di Kecamatan Gambut, Kalimantan Selatan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Kecamatan Gambut merupakan salah satu calon lokasi Program#SERASI yang ada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kecamatan Gambut terdiri dari 12 Desa dan 2 Kelurahan. Sebagian besar wilayah Kec. Gambut merupakan lahan rawa pasang surut tipe C dengan komoditas dominan adalah padi lokal. Menurut Sekretaris Camat Gambut, Kec. Gambut adalah lumbung padi Kabupaten Banjar.

Dalam rangka mensukseskan Program#SERASI, pada Senin 24 Juni 2019 bertempat di kantor BPP Kecamatan Gambut, diadakan kegiatan sosialisasi dan rapat koordinasi Program#SERASI. Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Dinas TPH Kabupaten Banjar, Danramil, Sekretaris Camat, PPL, Mantri Tani, Kepala Desa sekecamatan Gambut, Ketua Gapoktan dan UPKK serta Pendamping Serasi dari Kementerian Pertanian.

Kabid PSP Dinas TPH Kabupaten Banjar Ibu Sri Apolina menjelaskan bahwa tujuan dari Program#SERASI adalah untuk meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas serta meningkatkan partisipasi Poktan dan Gapoktan dalam pengelolaan lahan rawa. Ibu Apolina juga meminta supaya semua pihak yang terlibat bisa bekerja sama dengan serasi sehingga Program#SERASI bisa berjalan lancar dan sukses.

Dalam acara tersebut, Mantri Tani juga menjelaskan betapa penting peran dan partisipasi petani, Poktan dan Gapoktan dalam Program#SERASI. Beliau meminta supaya petani yang biasanya menanam padi sekali dalam setahun (IP 100) untuk bersedia menanam dua kali dalam setahun (IP 200). Dengan demikian target peningkatan produktivitas dapat tercapai.

Petani yang bersedia ikut  dalam Program#SERASI akan mendapatkan bantuan berupa dana untuk perbaikan infrastruktur dan pengolahan lahan pertanian, bantuan alsintan, dan bantuan Saprodi berupa benih, dolomit, pupuk dan herbisida sesuai dengan luasan area yang dimiliki petani.

Semoga Program#SERASI berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. (Admin Balingtan)