Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Panca Kelola Ramah Lingkungan Menggunakan Benih Unggul Balitbangtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Panca Kelola Ramli di Desa Wotan Kecamatan Sukolilo yang telah tanam pindah pada tanggal 29 April 2019 telah memasuki masa panen. Seperti musim sebelumnya panca kelola ramah lingkungan menggunakan benih unggul Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian yaitu Inpari 32, bahan organik biokompos, pengendalian hama dan penyakit menggunakan biopestisda, penggunaan urea berlapis biochar dan pengaturan pengairan intermitten,  Sistem tanam yang digunakan adalah jajar legowo 2 : 1 dengan jarak tanam 20x15x40 cm.

Untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi maka dilakukan pengamatan setiap 2 minggu sekali mengambil data tinggi tanaman, jumlah anakan dan gas CH4.

Untuk  mengetahui produksi tanaman padi, sehari sebelum panen (19/7/2019) dilakukan pengambilan sampel tanaman dan sampel ubinan untuk mengetahui komponen hasil dan produksi gabah.

Ukuran ubinan yang dipergunakan adalah 3 x 3 m. Ubinan dilakukan di 3 titik yang berbeda yaitu di bagian depan, tengah dan belakang dengan ukuran yang sama. Hasil ubinan yang telah dilakukan kemudian diambil gabahnya kemudian ditimbang yaitu : 6,4 Kg; 6,7 Kg dan 6,9 Kg.

Hasil timbangan dirata-rata menghasilkan 6,66 Kg kemudian dilakukan penghitungan dan dikonversikan sehingga menghasilkan data gabah hasil panen adalah 7,4 ton/hektar. Rendahnya hasil panen dikarenakan serangan penggerek batang yang mencapai 30% dari keseluruhan tanaman.(Admin Balingtan)