Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menuju Pertanian Berkualitas yang Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Sejumlah rombongan 45 orang anggota Kelompok Tani dengan didampingi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan ilmu serta menambah wawasan pertanian anggota Kelompok Tani Jali Rejo, Desa Karangrandu, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara.

Penyampaian materi oleh Dr. E. S. Harsanti (peneliti Balingtan) tentang penggunaan pestisida dalam sistem pertanian ramah lingkungan. Dalam paparannya disampaikan mengenai bahaya dan dampak pestisida kimia bagi kesehatan tanah, tanaman, manusia, serta lingkungan sekitarnya. Keingintahuan peserta untuk mendalami materi yang disampaikan sangat besar, terlihat dari diskusi interaktif dengan pemateri. Selama ini petani dalam penggunaan pestisida masih belum memperhatikan efeknya bagi lingkungan.

Untuk memperdalam atas materi yang disampaikan, selanjutnya peserta berkunjung ke lapangan untuk belajar praktek langsung pembuatan biopestisida, pembuatan biochar, dan pembuatan pupuk organik. Petani dapat mempergunakan limbah pertanian yang biasanya tidak dimanfaatkan untuk dapat dikelola menjadi bahan pembenah tanah dan pupuk organik melalui teknologi.

Melalui studi banding ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kelompok tani Jali Rejo sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian menuju pertanian berkualitas yang ramah lingkungan. Semoga hasil kunjungan ini bisa memotivasi kelompok tani lain yang ada di Kabupaten Jepara.(Admiin Balingtan)