Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Upaya Mengantisipasi Kekeringan di Prov. Jateng

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Koordinasi UPSUS PaJaLe Provinsi Jawa Tengah, Jum'at (26/7). Acara dibuka oleh bapak Dr. Ir. Suwandi, M.Sc Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian..Dalam tindak lanjut dalam mengatasi di prov. Jateng diantaranya dengan pengaturan dan penjadwalan tanam/LTT yang lebih tepat dengan memanfaatkan informasi di aplikasi siperditan (perkiraan curah hujan bulanan dan tinggi muka air waduk/bendungan), Pompanisasi pada long strorage dan sumber-sumber air, Pemilihan komoditas tanaman palawija yang minim air dan mempunyai nilai ekonomis tinggi, Penyediaan benih dengan VUB keunggulan tertentu (tahan penyakit dan tahan kekeringan), Kemunduran awal MH 1-2 bulan perlu diimbangi dengan penerapan sistem pembibitan kering dan dapog (tray) serta pengolahan tanah awal agar begitu hujan turun bibit dapat langsung ditanam.

Realisasi Luas Tambah Tanam (LTT), wilayah kabupaten Pati per tgl 25 Juli 2019: 1.427 ha. perkiraan sampai akhir Juli 2019: 1.530 ha. posko kekeringan akan didirikan Senin tanggal 29 Juli 2019 berlokasi di desa wuwur, kec. gabus, kab.pati.

Wilayah kabupaten Jepara per tgl 25 Juli 2019: 660 ha. perkiraan sampai akhir Juli 2019: 875 ha. Posko kekeringan sudah didirikan yang bertempat di Dinas Pertanian dan Pertanian Kab. Jepara. (Admin Balingtan)