Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Monitoring lapang yang Terdampak Kekeringan di Kab. Pati dan Kab. Jepara

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Tim UPSUS Kabupaten Pati serta Kabupaten Jepara melakukan rapat koordinasi lapang. Rapat membahas tentang pengaturan dan penjadwalan tanam/LTT yang lebih tepat dengan memanfaatkan informasi di aplikasi siperditan (perkiraan curah hujan bulanan dan tinggi muka air waduk/bendungan), Pompanisasi pada long strorage dan sumber-sumber air, Pemilihan komoditas tanaman palawija yang minim air dan mempunyai nilai ekonomis tinggi, Penyediaan benih dengan VUB keunggulan tertentu (tahan penyakit dan tahan kekeringan), Kemunduran awal MH 1-2 bulan perlu diimbangi dengan penerapan sistem pembibitan kering dan dapog (tray) serta pengolahan tanah awal agar begitu hujan turun bibit dapat langsung ditanam.

Hasil rapat koordinasi tersebut antara lain adalah akan didirikan Posko Kekeringan Kabupaten Pati di 3 desa yang berada di wilayah Kecamatan Gabus (Desa Tlogoayu, Desa Karaban, dan Desa Wuwur) dan 2 desa di  wilayah Kecamatan Margorejo, yaitu Desa Jambean Kidul dan Desa Suko Jimbaran. (Admin Balingtan)