Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pendekatan Teknologi Kepada Petani Dapat Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
 
 
 

Berita Balingtan - Keberhasilan CSVs di Guinayangan dapat dilihat di Desa Cabong Norte, dimana petaninya dapat mengatasi kekeringan yang melanda daerahnya dengan melakukan penggantian tanaman yang lebih toleran kekeringan dan intercropping, hasil pertaniannya bahkan dapat dipasarkan di hotel-hotel terkenal di sana.

Selain itu, keberhasilan CSVs juga dapat dilihat di Desa Capuluan Tulon yang berhasil meningkatkan peran komunitas petani perempuan dengan mengelola ternak untuk memperoleh pendapatan sampingan untuk keluarga mereka. Komunitas yang awalnya hanya diminati sedikit orang menjadi berlipat-lipat jumlah anggotanya karena melihat keberhasilan dalam pengelolaan ternak.

Keberhasilan CSVs selanjutnya digambarkan dari Desa Sta. Cruz dimana petaninya menjadi pemasok bahan mentah ke perusahaan besar makanan siap saji di Filipina. Salah satu petani di Sta. Cruz menyampaikan bahwa penghasilannya sekarang meningkat 10 kali lipat lebih dibandingkan sebelumnya.

Keberhasilan CSvs ini perlu diduplikasi di tempat lain dengan konsep bahwa pendekatan atau teknologi yang diintroduksikan kepada masyarakat petani dapat diadopsi secara luas untuk beradaptasi dengan perubahan iklim apabila mudah dalam penggunaannya dan utamanya mampu meningkatkan kesejahteraan petani. 

Ketersediaan air yang semakin kurang selama 3 tahun terakhir di areal ini membuat petani mengganti tanaman dengan yang lebih menghasilkan dibandingkan tanaman sebelumnya. Intercopping dengan tanaman leguminosa yang dilakukan petani di daerah ini selain menambah penghasilan juga mampu meningkatkan kesuburan tanah. Pertemuan ditujukan untuk menggali potensi daerah dan keberhasilan desanya dalam menghadapi perubahan iklim.

(Dr. Helena - Balingtan).