Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sosialisasi ISO/IEC 17025: 2005

Berita Balingtan - Tanggal 13-14 Februari 2012 Balingtan mengadakan sosialisasi ISO/IEC 17025: 2005 yang dihadiri peneliti, teknisi dan analis Laboratorium Balingtan berjumlah 12. Tamu berjumlah 1 orang yaitu Dr. Asep Nugraha dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) di Bogor. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan memahami persyaratan umum kompetensi akreditasi laboratorium pengujian oleh komite akreditasi nasional (KAN).

Acara Sosialisasi ISO 17025: 2005 dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan dipandu oleh pemandu acara dengan susunan acara terlampir. Pembukaan dan pengarahan diberikan langsung oleh kepala balai Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr untuk kelancaran acara sosialisasi. Sebagai pembica adalah Dr. Asep Nugraha. Materi yang diberikan yaitu Sosialisasi ISO/IEC 17025:2005 dan Audit Internal (teori dan praktek) di Laboratorium Terpadu dan Gas Rumah Kaca. Materi Sosialisasi ISO/IEC 17025: 2005 diberikan selama 4 jam yang berisi beberapa point penting tetang ISO 17025:2005 seperti pengertian akreditasi, tujuan akreditasi, prosedur akreditasi dan sebagainya.

Materi pertama yang diberikan yaitu Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) di Laboratorium. Materi ini terdiri dari beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pekerja yang bekerja di Laboratorium kimia, seperti aturan dasar keamanan bahan kimia, pengenalan bahan kimia berbahaya, tingkat bahaya bahan kimia, pelabelan dan penyimpanan bahan kimia dan informasi resiko bahaya serta sarana safety yang harus dimiliki laboratorium.

Materi selanjutnya kaji ulang manejemen dan metode pengujian (pemilihan metode dan validasi metode), uji profisiensi dan uji banding. Materi kaji ulang yang diberikan lebih menekankan pada sistem manajemen secara keseluruhan dan hasil audit internal yang telah dilakukan. Untuk materi pengujian (pemilihan metode dan validasi metode), uji profisiensi serta uji banding lebih menekankan pada bagaimana cara pemilihan metode yang digunakan dan uji banding yang akan dilakukan. Secara keseluruhan pelaksanaan pada hari kedua dalam acara sosialisi ISO 17025:2005 lebih dipadatkan pada materi keselamatan dan keamanan kerja (K3) di laboratorium, penambahan ruang lingkup penambahan bahan dan alat uji laboratorium.