Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kunjungan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran

Berita Balingtan - Pada tanggal 12 April 2012, Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Faperta, Unpad) yang diwakili oleh Dr. Ir. Reginawanti Hindersah, MP melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan). Tujuan kunjungan Faperta, Unpad  pada awalnya adalah akan melakukan penandatangan MoU penelitian kerjasama yang selama ini telah dijalin sejak tahun 2008 sampai sekarang. Akan tetapi karena adanya reorganisasi eselon 3 di Badan Litbang Pertanian, acara kemudian berubah menjadi penyampaian rencana induk penelitian Unpad yang disusun setiap 5 tahun sekali.

Acara dimulai dengan pembukaan pertemuan antara Faperta Unpad dengan peneliti Balingtan yang disampaikan oleh plh. Kepala Balai (Suharsih, S.Si).  Didalam pembukaan disampaikan bahwa untuk sementara ini penandatanganan MoU kerjasama penelitian antara Faperta Unpad-Balingtan ditangguhkan sampai kepala Balingtan yang baru datang. Akan tetapi proses kerjasama ini akan tetap berjalan karena kerjasama ini telah ada dan berjalan dari tahun 2008. Sebagai tindak lanjut draft Mou yang telah dibawa pihak Faperta Unpad akan dipelajari dan disampaikan kepada Kepala Balai yang Baru.

Di dalam pertemuan tersebut, Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr sebagai mantan Kepala Balingtan dan saat ini menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra) mengemukakan bahwa dengan adanya kerjasama penelitian antara Balingtan-Faperta Unpad telah menghasilkan teknologi yang saat ini sedang dalam proses untuk dipatenkan. Selain itu, Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr juga menyatakan bahwa saat ini budidaya pertanian di lahan gambut merupakan isu yang tengah menjadi topik utama dan penting. Kerjasama tri-partied antara Balingtan-Balittra-Faperta Unpad untuk mengarap topik utama tersebut merupakan langkah yang strategis.  Oleh karena perlu tindak lanjut dari ketiga instansi.

Inti dari pertemuan ini adalah penyampaian rencana induk penelitian Unpad. Rencana induk penelitian tersebut berisi mengenai 5 topik yaitu 1. Pangan : pangan lokal untuk pangan nasional, 2. Lingkungan hidup : perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, 3. Kesehatan dan obat herbal : infeksi dan onkologi, 4. Energi : diversifikasi dan konservasi energy dan 5. Kebijakan, budaya dan informasi : integritas bangsa. Dari rencana induk penelitian tersebut dibahas tentang prospek dan peluang topik penelitian yang dapat dikerjasamakan antara Balingtan dan Faperta Unpad.