Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Silaturahmi dengan Kepala Balingtan baru

Berita Balingtan - Badan Litbang Pertanian telah mengadakan reorganisasi eselon 3 dan menyelenggarakan sumpah jabatan para pejabat yang baru pada tanggal 10 April 2012. Balingtan merupakan salah satu balai yang menjalani pergantian kepemimpinan tersebut. Pada tanggal 21 April 2012, di Balingtan mengadakan silahturahmi antara seluruh staff pertemuan umum antara Kepala Balingtan yang baru dan Balingtan seluruh staff. Kepala Balingtan yang baru tersebut adalah Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc menggantikan Dr. Ir Dedi Nursyamsi, M.Agr yang saat ini mendapat tugas sebagai Kepala Balai Penelitian Tanah Rawa (Balittra). Meskipun Balingtan mendapat kepala balai baru akan tetapi merupakan wajah lama. Dahulunya kepala balingtan yang baru ini merupakan peneliti gas rumah kaca (GRK) Balingtan yang mendapat tugas sebagai Kasubbid Program BBSDLP dan kemudian sebagai kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat).

Saat ini, Bapak kepala balai belum dapat berada di Balingtan karena sedang mengikuti Diklatpim 3 di Bogor. Oleh karena itu, ditengah-tengah waktu diklatpim 3 tersebut diluangkan waktu untuk bertemu dengan seluruh staff-nya untuk memberikan Brainstorming tentang hakekat Balai Penelitian Lingkungan Pertanian.

Di dalam arahannya, bapak kelapa balai menyampaikan bahwa Balingtan merupakan balai penelitian yang mempunyai tupoksi terkait dengan lingkungan sehingga seyogyanya sebelum melaksanakan tupoksinya ke luar balai, seluruh staff Balingtan harus dapat melaksanakan tupoksinya di dalam balai sebagai contohnya adalah dengan menjada lingkungan balai yang bersih dan tidak tercemari/terkotori oleh sampah atau pencemar lain. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Balingtan mempunyai tupoksi yang sangat luas karena tidak dibatasi oleh komoditas. Oleh karena itu, seharusnya staff balingtan dapat berbangga dan dapat bekerja dengan semaksimal mungkin agar dapat melaksanakan tupoksi balainya. Balingtan telah menghasilkan banyak teknologi karena Balingtan telah berdiri sejak tahun 2006 dan bekerja dalam bidang lingkungan sejak tahun 1993. Oleh karena itu diharapkan sebelum teknologi-teknologi yang telah dihasilkan tersebut dapat diterapkan dimasyarakat, teknologi tersebut sebaiknya diterapkan terlebih dahulu di lingkungan sekitar Balingtan sehingga Balingtan dapat sebagai show windows dari teknologi-teknologi yang telah dihasilkan.