Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Strategi Peningkatan PaJaLe di Musim Kemarau

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Rakor Upsus Pajale di Sekuro Village Beach Resort Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara  dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah, Kepala BPTP Jawa Tengah, Itjen Kementan, Kepala Baliklimat, Kepala Balingtan, Dirjen Tanaman Pangan, Dandim se Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten se Jawa Tengah beserta kabid dan pencatat datanya.

Ir. Achid Setiawan C, M.Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara) mengenalkan berbagai potensi dan budaya serta lokasi pariwisata di Kaupaten Jepara sebagai ucapan selaman datang kepada seluruh pesrta rakor yang hadir. Ada tenun troso sebagai hasil kerajinan tenun ikat yang sudah sampai ke manca negara, ada berbagai produk furniture yang dihasilkan oleh pengrajin lokal seperti kursi tamu, kursi makan, tempt tidur, almari dan perabot yang lainnya yang sudah eksport ke berbagai negara, selain itu ada tempat wisata pantai yang ada di sepanjang jalur pantai utara pulau Jawa (Pantai Telukawur, Pantai Tirtosamudro, Pantai Kartini, Pantai Blebak, Pantai Pailus, dll).

Kolonel Inf. Djaelani, SIP (Aster Kodam IV) menyatakan prediksi hujan sekitar 60-130 hari ke depan. Untuk mengantisipasi dampak kekeringan yang terjadi dilakukan upaya khusus Luas Tambah Tanam (LTT) dengan jalan mendorong petani melaksanakan budaya tanam serentak dan meningkatkan LTT, membantu pembangunan infrastruktur jaringan irigasi tersier (embung, long storage, dan DAM Parit), sinergi dengan stakeholder terkait dalam pendistribusian air untuk pertanian, pengawalan saprodi pertanian (pupuk-benih) secara simpatik dan berkoordinasi dengan instansi lain, mengoptimalisasikan brigade alsintan kodim guna dukung percepatan tanam, meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan tanam serentak.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebuan Provinsi Jawa Tengah (Ir. Suryo Banendro, M.Sc) mengatakan bahwa kondisi saat ini merupakan kondisi kekeringan dimana lahan seluas 9.676 ha di Provinsi Jawa Tegah mengalami kekeringan. Akselerasi percepatan luas tambah tanam yang dilakukan di Provinsi Jawa Tengah saat ini dengan target sasaran tanaman padi adalah penambahan luas tanam 2.140.311 ha dan luas panen 1.948.188 ha dengan provitas 59.25 kw/ha serta hasil produksi 11.543.015 ton. (Admin Balingtan)