Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Meningkatkan Kesejahteraan Petani Rawa dengan Program Serasi

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Beirta Balingtan - Selasa pagi di bulan Juni, tiga bulan silam, Tim penyuluh kecamatan Cengal dan pendamping program #SERASI bertolak ke Sungai Jeruju, salah satu desa yang menjadi target program #SERASI. Maksud dan tujuan tim tak lain adalah membantu persiapan pemberkasan CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) untuk mendapatkan bantuan saprodi (sarana produksi padi), monitoring tanaman, kunjungan lapang, serta koordinasi dengan babinsa setempat.

Desa Sungai Jeruju berjarak sekitar 25 km dari kantor BPP kecamatan Cengal. Pada saat itu, perjalanan ke Sungai Jeruju menghabiskan waktu sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Kondisi jalan yang kurang bersahabat terlebih saat musim hujan, memaksa kami untuk ekstra hati-hati. Banyak jalan rusak dan berlubang dengan kondisi tanah yang lengket serta berlumpur sangat menegangkan namun memberikan tantangan tersendiri bagi tim. Beberapa kali, tim harus berhenti untuk membersihkan tanah yang menempel di roda karena menghambat perputaran roda. Tidak hanya itu, kendaraan yang terjebak di dalam kubangan lumpur juga mengharuskan tim bahu membahu mendorong kendaran keluar dari kubangan.

Meski melewati medan yang menantang di tengah teriknya matahari, tim tetap semangat. Tim berharap dapat membantu kesuksesan program #SERASI di Kecamatan Cengal dan dengan adanya program #SERASI, bukan hanya sekedar memanfaatkan rawa sebagai lahan pertanian namun juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di lahan rawa. (nourma-Balingtan)