Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Dongkrak Kualitas Peneliti Muda di Lahan Rawa

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) memberikan dukungan sepenuhnya terhadap Program #SERASI Kementerian Pertanian. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menerjunkan tenaga muda handal untuk mengikuti detasering di lokasi Program #SERASI. Masing-masing dua detaser dikirimkan ke Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan.

“Kegiatan detasering sangat bermanfaat bagi tenaga muda Balingtan karena banyak sekali pengalaman di lapangan yang dapat dijadikan bekal dalam meniti karier sebagai peneliti” ungkap Ka Balingtan (Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.,Si)

Adalah Nourma Al Viandari, SP, tenaga muda detaser Balingtan yang ditempatkan di Kecamatan Cengal, OKI, Sumatera Selatan. Beberapa kegiatan dilakukan oleh Nourma diantaranya adalah mengikuti survey dan pengambilan sampel tanah di lahan sawah pasang surut di Kec. Muara Telang.

“Saya ikut survey lapang di jalur 10 Kecamatan Muara Telang, yaitu di Desa Mekar Sari, Mukti Jaya, Mekar Mukti, Upang Jaya, dan Upang Karya. Total luasannya 5459 ha degan total sampel sebanyak 544 titik” kata Nourma.

“Pengambilan sampel dilakukan secara komposit dengan menggabungkan sampel tanah yang diambil pada lima titik menjadi satu. Sampel kemudian dianalisis menggunakan Perangkat Uji Tanah Rawa atau PUTR untuk penetapan kadar pH tanah. Hasil analisis pH tanah ini akan menjadi dasar Dirjen Tanaman Pangan untuk memberikan bantuan dolomit yang merupakan salah satu bentuk bantuan sarana produksi pertanian dalam program #SERASI” jelas Nourma. (nourma-Balingtan)