Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Strategi Peningkatan PaJaLe di Musim Kemarau Prov. Jateng

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Indonesia berkomitmen untuk menjadi lumbung pangan dunia 2045. Berbagai upaya dilaksanakan di antaranya Upaya Khusus komoditas padi, jagung, dan kedelai atau yang biasa dikenal dengan UPSUS PAJALE. Dengan melibatkan berbagai pihak seperti Kementerian Pertanian, TNI AD, Pemerintah Daerah, dan petani, diharapkan dapat menyukseskan program UPSUS PAJALE yang sudah dilaksanakan dari beberapa tahun sebelumnya.

Demi tercapainya target produksi 2019 untuk wilayah Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menggelar rapat koordinasi dan mengatur strategi. Dibuka oleh Dr. Ir. Suwandi, M.Si selaku Direktur Jenderal Tanaman Pangan sekaligus penanggungjawab UPSUS Jawa Tengah, rapat di ballroom Hotel Sahid Mandarin Pekalongan dilaksanakan selama 2 hari 26-27 September 2019. Dalam sambutannya, Dr. Suwandi menjelaskan maksud dan tujuan dari rapat koordinasi hari itu.

“Target Luas Tambah Tanam September 2019 sangat berpengaruh terhadap Luas Tambah Panen bulan Desember yang nantinya berpengaruh terhadap tutup buku produksi padi 2019”

Oleh karena itu, penting untuk mengatur strategi agar target dapat tercapai. Sesuai kesepakatan rapat tersebut, Kab. Pati mendapat target LTT sebesar 1525 Ha dan Kab Jepara 1100 Ha untuk bulan September 2019. Dr. Suwandi juga menyampaikan akan ada apresiasi bagi kabupaten yang memenuhi target. Selain itu, juga petani juga dihimbau untuk lebih kreatif.

“Saya mengapresiasi mereka yang kreatif, yang tidak kreatif ya ditinggal” Ungkap Dr. Suwandi menutup sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi. (nourma-balingtan)