Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Akselerasi Percepatan Luas Tambah Tanam Bulan Oktober 2019 Prov. Jawa Tengah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Dalam rangka meningkatkan pertanaman kedelai tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyisip tanaman kedelai pada lahan jagung yang ditanam dengan system monokultur,menjelang tanaman jagung dipanen, Kamis (10/10). Lahan untuk kegiatan penanaman kedelai adalah lahan yang merupakan bantuan pemerintah maupun lahan swadaya masyarakat.

Adapun alasan perlunya gerakan penanaman sistem Tumpang Sisip (TuSip) ini adalah sebagai berikut Petani sudah terbiasa dalam melaksanakan tumpeng sisip pada lahan jagung dengan kedelai atau tanaman lainnya, Gerakan ini yang melibatkan petani dan pihak-pihak terkait termasuk dari Kementan, Dinas Pertanian , Unsur TNI, sehingga petani termotivasi untuk melakukan percepatan tanam kedelai.

“Sistem TUSIP sangat diharapkan keberhasilannya namun juga harus melihat Potensi Lahan dan Musim yang ada di wilayah setempat,” Ujar Ir. Amirudin Pohan, M.Si selaku Direktur AKABI.

Berdasarkan Evaluasi Data LTT Pajale PDPS dengan Hasil Pemetaan Lahan Sawah demhan menggunakan Aplikasi Arc.GIS ternyata Lahan yang belum terdata (belum di Polygon kan), ada sejumlah 120.000 Ha Luas Lahan Baku Sawah.

Sementara menurut Dirjen Tanaman Pangan (Dr. Suwandi), sampai dengan bulan Oktober 2019.,wilayah Prop.Jateng harus bisa tercapai LTT sejumlah 26.000 Ha,untuk itu diharapkan kepada para Penyuluh dan KCD untuk mengecek kembali dan menyisir data Okt-Sept 2019 dan meng update lagi data lapangan menjadi data PDPS.

Berdasarkan hasil Luas Tambah Tanam untuk Kab.Pati: Realisasi Sept'2019 LTT Padi sejumlah 1611 Ha dan LTT Jagung sejumlah 184 Ha. Untuk Kab.Jepara : Realisasi Sept'2019 LTT Padi sejumlah 1197 Ha dan LTT Jagung sejumlah 592 Ha. Kesanggupan Kab.Pati : Okt'2019  LTT Padi sejumlah = 6947 Ha, LTT Jagung sejumlah = 771 Ha.,LTT Kedele = 0, Kesanggupan Kab.Jepara : Okt'2019  LTT Padi sejumlah = 20 Ha, LTT Jagung sejumlah = 4 Ha.,LTT Kedele = 19 Ha. (Admin Balingtan)