Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Peringati Hari Anak Internasional, SD Mangunlegi Belajar Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Kamis pagi yang cerah (7/11) dengan riang gembira sejumlah 116 anak dari kelas 1 hingga kelas 6 SD Mangunlegi, Kec. Batangan, Kab. Pati beserta 8 guru pendamping melakukan kunjungan ke Balingtan. Maksud kunjungan tersebut adalah untuk belajar pertanian secara langsung dan refreshing mengurangi kebosanan karena rutinitas belajar yang selalu dilakukan di kelas saja. “Kegiatan ini juga dilakukan atas himbauan dari Kemendikbud agar anak-anak belajar di lapang pada Hari Anak Internasional yang tepat jatuh pada hari ini” jelas Yunani yang merupakan wali kelas IV.

Tiba di Balingtan, anak-anak diajak berkeliling oleh Tim Balingtan untuk mengenal tanaman, pertanian ramah lingkungan, dan ternak. Moment yang menarik ketika anak-anak didampingi berkunjung ke gedung pasca panen untuk melihat alat-alat pengolah dan proses pengolahan hasil panen. Kebetulan hari ini tim pasca panen membuat jus mangga karena hasil panen mangga kebun Balingtan melimpah.

Perjalanan dilanjutkan ke gudang alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk melihat peralatan pertanian yang dimiliki oleh Balingtan. Pengenalan alat-alat pertanian modern mulai dari traktor untuk mengolah tanah, alat tanam seperti seeder atau jarwo transplanter, hingga combine harvester yang dipergunakan saat panen padi. Sambil mendengarkan penjelasan dari pemandu, anak-anak beristirahat dan makan bekal yang telah dibawa masing-masing dari rumah.

Selanjutnya anak-anak diperkenalkan dengan tanaman sayuran seperti brokoli, kembang kol, cabai, kubis dan lain sebagainya. Pengetahuan baru bagi anak-anak melihat langsung bentuk tanaman dari sayuran yang biasa mereka makan sehari-hari. Tidak lupa memberi makan sapi yang kandangnya bersebelahan dengan sayuran di wilayah Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak

Kegembiraan refreshing sambil belajar hari ini membawa kesan tersendiri bagi anak-anak SD Mangunlegi Batangan. Guru wali kelas VI, Heri Lukito menceritakan “Menyenangkan dapat berkunjung ke Balingtan, anak-anak juga sangat senang.  Lain kali semoga dapat berkunjung lagi dengan perencanaan yang lebih matang dan melakukan beberapa praktik pertanian yang biasa dilakukan di Balingtan”. Pembelajaran sejak dini mengenai pertanian ini penting dilakukan mengingat Indonesia merupakan negara dengan penopang utamanya adalah pertanian. Kelak anak-anak ini yang akan meneruskan pertanian Indonesia. Jayalah Pertanian Indonesia!!! (Dolty Mellyga-Balingtan)