Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kunjungan Edukasi TK Assalafiyah, Kenalkan Anak Pada Dunia Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Ada pemandangan yang berbeda Kamis (28/11). Rombongan anak-anak berseragam Taman Kanak-Kanak (TK) berwarna merah tampak berkeliling di Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Anak-anak tersebut adalah peserta kunjungan edukasi dari TK Assalafiyah. Peserta kunjungan edukasi kali ini berjumlah 30 orang yang diidampingi oleh 4 orang guru dan  orang tua masing-masing anak. Kegiatan yang dilakukan pada kunjungan ini diantaranya mengenal hewan, tanaman, alat mesin pertanian, menanam cabe dan  memberi pakan sapi.

Sebelum berkeliling, anak-anak terlebih dahulu mengatur barisan dan  diajak berkenalan dengan pendamping kunjungan. Bertugas sebagai pendamping kali ini adalah Siska Apriyani., M.Ling. Anak-anak memanggilnya Kak Siska. Saat diajak berkeliling dan diperkenalkan berbagai jenis tanaman dan hewan, anak-anak sangat antusias bahkan ada yang berlari-larian karena senang berada di alam bebas. Ada juga anak-anak yang bertanya tentang apa yang tidak dipahaminya, terutama saat pengenalan alat mesin pertanian.

Kak Siska menjelaskan pada anak-anak mulai dari nama-nama hingga cara kerjanya. Saat memasuki kegiatan memberi pakan sapi, anak-anak  semakin riang tetapi ada juga yang menangis karena takut. Sementara para orang tua sambil mengawasi buah hatinya juga asyik mengabdikan moment tersebut melalui kamera handphone untuk dijadikan kenangan. Kegiatan diakhiri dengan menanam cabe, anak-anak diajarkan bagaimana cara menanam cabe, merawat  dan memelihara tanaman tersebut dirumah.  “Edukasi hari ini sangat memberi kesan luar biasa sekali, harapannya anak-anak dapat mengenal dan menambah wawasan di dunia pertanian ramah lingkungan’’, ungkap ibu guru TK Assalafiyah. (Siska Apriyani - Balingtan)