Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pelatihan Pembuatan POC Ramah Lingkungan untuk Pegawai Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Pandemi Covid-19 saat ini tidak membatasi aktivitas dan antusias pegawai Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan). Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Bimbingan Teknis pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) untuk pegawai lingkup Balingtan. Kegiatan diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari peneliti/calon peneliti, teknisi/calon teknisi serta beberapa pegawai Balingtan.

Penggunaan pupuk anorganik yang tinggi dan terakumulasi dalam tanah dari tahun ke tahun cenderung menimbulkan permasalahan lingkungan pertanian. POC hadir sebagai alternatif untuk menyuburkan tanaman yang ramah lingkungan sehingga banyak diminati oleh petani khususnya bagi petani organik dan petani ramli di sekitar Balingtan.

Namun pengetahuan, ketrampilan dan informasi mengenai POC bagi pegawai Balingtan masih terbatas sehingga perlu dilakukan sharing ilmu terkait pembuatan POC. Kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan dan ketrampilan untuk pegawai  Balingtan. Harapannya, pegawai Balingtan memiliki pengetahuan dan ketrampilan handal sebagai bekal yang dapat dikembangkan dilingkungan pertanian Balingtan dan lingkungan sekitarnya. Selain itu mendorong para pegawai untuk melakukan budidaya tanaman pangan dan sayuran di kebun sendiri pada konsidi pandemi Covid-19 ini.

Formulasi POC ramli yang diproduksi Balingtan merupakan produk unggulan Balingtan dan telah mendapatkan sertifikat paten. Sri Wahyuni, SP., M.Si. selaku inventor POC menuturkan bahwa POC mudah dibuat dan bahan yang digunakan banyak tersedia di lingkungan sekitar bahkan limbah pertanian bisa dimanfaatkan.

Adapun bahan baku yang digunakan untuk pembuatan POC antara lain abu sekam, sludge biogas, urin sapi, dan air. Keunggulan produk POC Balingtan adalah mengandung unsur hara makro dan mikro yang lebih banyak seperti unsur N, P, K, Ca, Mg, Cu, Zn, Mn, dan Fe. Penggunaan POC dengan disemprotkan pada bagian tanaman (daun dan batang). Pupuk ini dapat diaplikasikan pada tanaman padi, palawija, sayuran, dan tanaman lainnya.

“Terima kasih atas pelatihan pembuatan POC, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami” ujar Suharsih, S.Si, salah satu teknisi penyelia Balingtan yang juga sebagai penggemar tanaman dan melakukan budidaya tabulapot di pekarangan tempat tinggalnya. “POC ini dapat saya coba untuk tanaman saya” sambungnya. (Ina Zulaehah, SP., M.Si. - Balingtan)

Medsos Facebook