Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Balingtan Menyongsong “New Normal”

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Bulan Juni 2020, pegawai Balingtan siap beraktivitas dalam menghadapi pandemi covid-19 dengan rasa optimis. Aktivitas perkantoran, kebun percobaan, penelitian dan diseminasi harus tetap dijalankan meskipun anggaran terpangkas dan dialihkan untuk penanganan covid-19 secara nasional. Dengan sumberdaya yang ada, para pegawai di Balingtan tetap beraktivitas seiring dengan pemberlakuan kenormalan baru atau new normal.

Pada rapat perdana setelah liburan Idul Fitri (02/06), Kepala Balingtan (Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si) mengajak manajemen Balingtan (Kasubbag Tata Usaha, Kepala Yantek Jaslit, Koordinator Program, Kepala Kebun Percobaan dan Ketua Kelompok Peneliti) untuk bersama-sama menyiapkan strategi menyongsong new normal. “Meski wilayah Kabupaten Pati tidak menerapkan PSBB, new normal berlaku untuk kita para pegawai di Balingtan” ungkap Mas Teddy di awal pertemuan. “Namun kita harus mempunyai strategi agar new normal berjalan aman untuk kita semua” lanjutnya.

Kepala Balingtan juga memberikan arahan apabila dalam menerapkan new normal, ada lingkungan sekitar pegawai menetap ada yang terinfeksi covid-19 maka harus dengan segera melakukan isolasi diri. SOP new normal untuk perkantoran dan pelayanan jasa harus segera dibuat. “Gunakan masker, jaga jarak, hindari berkumpul banyak orang/kerumunan, deteksi suhu tubuh dan melewati bilik disinfektan harus dipatuhi. Dan jangan lupa asupan bergizi/minum vitamin dan jaga kebugaran dengan olah raga. Standar protocol covid-19 harus dijalankan. Itu kunci aman penerapan new normal.” jelas Mas Teddy.

Pada rapat tersebut, Kepala Balingtan juga memberikan semangat kepada para peneliti untuk terus berkarya. “Meskipun dana penelitian di-nol-kan sampai dengan bulan Mei kita ambil hikmahnya, gunakan waktu untuk menulis KTI dengan data-data yang belum kita publish. Tahun 2020 kita canangkan tahun menulis untuk Balingtan” demikian Mas Teddy memberikan pencerahan kepada semua peneliti melalui Ketua Kelompok Peneliti yang hadir.

Pun dengan kegiatan diseminasi Balingtan, penyebarluasan inovasi teknologi Balingtan diperbanyak melalui virtual meeting. Pengalaman mencatat, lebih dari 1000 orang mendaftar webinar pembuatan biopestisida. Hal ini semakin menambah semangat tim diseminasi Balingtan untuk melakukan webinar selanjutnya.  Mari kita songsong new normal dan semoga vaksin covid segera terwujud. (Admin Balingtan)

Medsos Facebook