Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Struggle dari Cekaman Abiotik dan Biotik

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Balingtan berupaya untuk melakukan transfer teknologi secara langsung kepada petani salah satunya melalui kegiatan penelitian pengelolaan jerami. Kegiatan yang juga dipantau oleh BPP Kec. Jakenan saat ini sudah memasuki fase generatif. Namun sayang memasuki musim kemarau, lahan tersebut mulai mengalami kekurangan air (cekaman abiotik). Padahal saat-saat inilah air sangat dibutuhkan. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan tanaman padi akan menurun hasilnya.

Beruntung di area penelitian ada embung yang merupakan salah satu teknologi untuk menghadapi kekurangan air pada musim kemarau di lahan tadah hujan. Masalah kekurangan air dapat diatasi dengan mengalirkan air dari embung meskipun debit airnya juga tidak berlimpah namun cukup untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Ketika masalah kekurangan air teratasi, muncul masalah yang lain yakni tanaman padi terserang hama dan penyakit (cekaman biotik). Penggerek batang padi, walang sangit, hama putih palsu, hawar daun bakteri, blas daun dan leher merupakan beberapa hama dan penyakit yang ditemukan di lahan penelitian. Ditemukannya penerbangan Ngengat penggerek batang padi, Walang Sangit dan Hama Putih Palsu yang melebihi ambang batas sehingga  pengendalian terpaksa menggunakan insektisida.  (Admin Balingtan)

Medsos Facebook