Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mengenal lebih Dekat OPAL Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Obor Pangan Lestari atau yang dikenal dengan nama OPAL merupakan salah satu program strategis Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mencapai ketahanan pangan. Melalui OPAL, masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan terutama sayuran dan buah sehingga dapat mencukupi gizi secara mandiri. Program OPAL juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah stunting.

Beragam sayur dan buah ditanam pada demplot OPAL Balingtan. Beberapa di antaranya bayam hijau, bayam merah, sawi, mentimun, kangkung, cabai, terung, dan oyong, pare, kacang panjang, dan beraneka sayur lainnya sesuai dengan minat pasar. Selain itu, juga buah nanas, papaya, tomat. Lahan OPAL juga memiliki embung seluas 3x4m2 yang di dalamnya dipelihara ikan. Embung di lahan ini berfungsi sebagai pemanen hujan dan airnya digunakan kembali untuk menyiram tanaman.

Irigasi OPAL Balingtan menggunakan irigasi teknis secara otomatis yang dapat dijangkau menggunakan aplikasi. Aplikasi yang digunakan merupakan hasil rakitan peneliti di Balingtan. Dengan adanya aplikasi ini, penyiraman lebih mudah dan dapat dilakukan dimana saja dengan dukungan internet memadai.

Adanya integrasi antara irigasi teknis secara otomatis, kegiatan budidaya tanaman dengan teknologi Litbang Kementan diharapkan dapat mempermudah budidaya tanaman dalam mendukung Smart Farming sehingga menarik minat masyarakat untuk membuat plot OPAL di lahan miliknya. (Nourma-Balingtan)

Medsos Facebook