Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kiprah Balitbangtan-Kementan menemukan herbal ampuh dari Eucalyptus

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Sudah sejak lama kiprah Balitbangtan-Kementan menginventarisasi tanaman yang potensial meningkatkan imunitas dan juga antivirus melalui Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya. Dari data hasil penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) selama 40 tahun ada sekitar 50 tanaman yang diidentifikasi, dan lebih 20 yang sudah diekstraksi dan diketahui bahan aktifnya. Selanjutnya, Balai Besar Penelitian Veteriner (BB Litvet) melakukan pengujian terhadap kemampuan antivirus pada virus influenza dan virus corona model (beta dan gama corona). Hasil pengujian menunjukkan beberapa ekstrak tanaman potensial sebagai antivirus pada pengujian pada telur berembrio. Dengan konsentrasi 1% minyak Eucalyptus mampu membunuh hingga 100% virus influenza maupun virus corona. Temuan Balitvet tersebut dikembangkan oleh Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian (BB Pascapanen) menjadi produk berbasis nanoteknologi dengan bahan dasar minyak Eucalyptus.

Di saat pandemic Covid-19, Balitbangtan-Kementan menunjukkan perannya untuk berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dari Eucalyptus lahirlah produk dalam bentuk roll on, inhaler, balsam, minyak aromaterapi dan kalung aromaterapi. Saat ini IDI telah menyambut baik inovasi Balitbangtan-Kementan dan akan bekerjasama dalam uji Pra klinis dan Klinis, agar inovasi ini dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. Menurut Daeng Muhammad Faqih, Ketua IDI bukan hal yang mustahil kalau kita Indonesia mampu membuat sebuah temuan yang menjadi obat virus corona, sehingga hasil temuan pertama ini perlu di-support terus. Fadjry Jufri, Kepala Balitbangtan berharap agar kerjasama tersebut bisa menjawab semua keraguan atas  apa yang kita sudah hasilkan meski sebatas uji laboratorium dan masih perlu uji lainnya. Semoga semua pihak dapat mendukung dan membantu pengkajian ini sehingga bisa diperoleh hasil yang menggembirakan dan dapat membantu mengatasi permasalahan wabah yang sedang melanda negeri ini. (Admin Balingtan)

Medsos Facebook