Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sejenak Merefresh Diri dari Pekerjaan Rutin

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - “Jum’at sehat” demikian sebutan para sebagian pegawai di Balingtan untuk mengekspresikan hari Jum’at ini (10/07). Setiap Jumat, Balingtan memberi kesempatan kepada pegawai untuk menyegarkan pikiran dari pekerjaan harian hingga pukul 10.00 WIB. Hal tersebut dimanfaatkan secara maksimal oleh pegawai Balingtan. Pasalnya hampir semua pegawai beraktivitas di luar ruangan baik untuk berolah raga atau kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Beberapa pegawai terlihat berolahraga ringan seperti bermain bola volley, badminton, atau bersepeda keliling Kebun Percobaan untuk menghirup udara segar.

Bagi Dr. Harsanti (Ketua Kelti Evaluasi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Pertanian, EP3), Jum’at ini waktunya untuk mengajak anggota Kelti EP3 untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah kasa. “Meski kami cuma 50% yang WFO tapi kami tetap harus semangat untuk tetap kerja keras untuk tetap cantik lingkungan kita dan riset tetap berjalan” kata Dr. Harsanti penuh semangat. Begitupula Dino Laferda, mahasiswa Universitas Muria Kudus yang melakukan penelitian di Balingtan. Pagi ini, dengan semangat Dino turut serta mengikuti kerja bakti.

“Senang sekali ikut kerja bakti membersihkan lingkungan rumah kasa, saya ikut merapikan pot-pot dan sekitarnya” ujar Dino

Sama halnya dengan agenda Kebun Percobaan (KP) dan Tim Diseminasi Kreatif (Tim DK) pada hari Jum’at ini juga melakukan kerja bakti. Kali ini kolaborasi KP dan Tim DK merambah di lokasi budidaya buah-buahan (buah naga, jambu biji dan jeruk). “Kita pelihara tanaman buah-buahan supaya nanti bisa panen lagi, sudah setahun ini kita tidak panen jambu biji karena terserang lalat buah. Hari ini kita bersihkan selanjutnya akan dipasang feromon lagi” ungkap Edi Suprapotomo, S.STP selaku Kepala KP Balingtan. Hal ini diamini oleh Nourma Al Viandari (Pj. Tim DK), “selain sebagai upaya menjaga kebersihan dan melihat kondisi real lapang, kerja bakti juga sebagai media meningkatkan bonding antar anggota” tambahnya.

Di tempat yang lain, Dr. Wihardjaka, sambil bersepeda membawa pH meter stick untuk mengukur pH lahan yang dilewatinya. “Dari beberapa titik, pH berkisar 5.8-6.2” jelasnya. pH tanah menjadi salah satu acuan dalam pemberian input agar tanaman dapat tumbuh optimum.

Bukan hanya menyegarkan kembali pikiran, berbagai aktivitas di luar ruangan juga menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran covid-19, pandemi yang saat ini tengah melanda. Dengan bantuan sinar matahari yang dapat meningkatkan imunitas tubuh diharapkan dapat menghentikan penyebaran covid-19. (Admin Balingtan)

Medsos Facebook