Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Yuks Mengintip Dapur Pascapanen Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Siapa yang tidak tergiur dengan lezatnya kue lumpur buah naga, cupcake bayam, bika bayam merah, banana cake, brownies jagung produk unggulan Pasca Panen Balingtan ini? Hmmm Yummy...

Atau ingin melepas dahaga setelah berpanas-panasan di lapang dengan es jeruk, salad buah, asinan mentimun? Tentunya masih banyak produk hasil pengolahan Tim Pasca Panen Balingtan yang menarik perhatian dan tidak kalah saing dengan yang lain.

Tim Pasca Panen Balingtan telah mengolah berbagai hasil panen Kebun Percobaan menjadi beragam makanan yang menarik. Tentunya terjamin higienis dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Beragam kue tersebut berbahan dasar hasil panen Kebun Percobaan Balingtan. Oleh karena itu, banyak makanan dan minuman yang berbahan dasar sayur seperti cupcake bayam dan bika bayam merah. Meski tidak lazim, Hal tersebut justru membuat konsumen penasaran dan tertarik mencoba. Seperti Sri Wahyuni, salah satu pelanggan setia produk Balingtan ini.

“Saya sering membeli berbagai produk olahan Pasca Panen. Yang paling favorit banana cupcake. Rasanya enak, harganya terjangkau, dan pastinya aman karena berbahan dasar hasil kebun percobaan” cerita perempuan yang akrab disapa Yuyun ini.

Tidak sulit menemukan gedung pasca panen di dalam komplek Balingtan. Letaknya yang berdekatan dengan kantor Kebun Percobaan Balingtan, memudahkan pengolahan hasil kebun. Sebelum pandemi covid-19, Balingtan menerima kunjungan untuk  pengolahan pasca panen. Mulai anak-anak hingga umum. Permintaannya pun beragam, menghias banana nugget, salad hingga banana cake. Ummi Mardiyah, STP selaku Koordinator Tim Pasca Panen juga mengungkapkan bahwa menerima pesanan produk Pasca Panen untuk umum.

“Iya, kami menerima pesanan dari luar. Produk yang laris dipasaran yaitu banana cake, salad buah, dan ini sedang mencoba beberapa produk berbahan baku bayam merah. Dengan kreativitas, kita dapat mengolah hasil panen kebun percobaan menjadi beragam makanan sehingga dapat meningkatkan nilai jual suatu produk. Memang semuanya butuh proses, tidak jarang gagal saat mencoba resep baru. Tapi ada kepuasan sendiri saat produknya berhasil dan dapat diterima pelanggan” terang alumni Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya ini. (Nourma-Balingtan)

Medsos Facebook