Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Cegah Penyebarluasan Paparan Virus Corona (COVID-19) dengan Rapid Test di Kalangan Pegawai Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Jumlah pasien yang terpapar virus corona (COVID-19) di Indonesia khususnya di Kabupaten Pati Jawa Tengah semakin hari semakin bertambah. Guna mencegah hal tersebut Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) bekerjasama dengan RS Budi Agung Juwana, melaksanakan rapid test kepada seluruh pegawai Balingtan sebanyak 91 orang pada hari Senin (03/08), bertempat di Gedung Auditorium Dr. Haryono Balingtan.

Tujuan dari rapid test ini adalah mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Jadi Rapid test ini hanyalah antisipasi, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa paparan virus Corona.

Diwakili empat orang pegawai dari RS Budi Agung, sebelum dilakukan pengambilan sampel darah, peserta ditanya terlebih dahulu riwayat penyakit dan riwayat perjalanan dalam satu minggu terakhir, setelah itu pengecekan suhu badan, kemudian tahap terakhir dilakukan penyuntikan guna mengambil sampel darah.

Meskipun ada beberapa pegawai yang takut akan jarum suntik tapi mereka tetap antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka penasaran ingin mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mereka saat ini apakah sudah siap dalam menghadapi COVID-19.

“Ketika disuntik bulu kuduk saya sampai berdiri semua, merinding” Ujar Yarpani

Untuk mencegah penyebaran covid-19 di kenormalan baru ini, diharapkan para pegawai tetap melaksanakan protokol new normal dengan cara pola hidup sehat, menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan berjaga jarak minimal 1,5 meter.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si selaku Kepala Balingtan agar pegawai balingtan lebih berhati-hati.

“Apabila ada pegawai yang pernah berhubungan langsung dengan pasien suspek Covid-19 maupun mengalami gejala-gejala paparan covid, diharapkan untuk segera melapor agar bisa segera dilakukan tindak lanjut”. Himbau Pak Teddy kepada pegawai Balingtan. (Isna dan Mayang - Balingtan)

Medsos Facebook