Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Komisi B DPRD Kab. Pati Lebih Dekat Mengenal Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Balingtan menyambut hangat kunjungan komisi B DPRD Kabupaten Pati. Sutarto Oen Thersa, selaku ketua komisi B DPRD Pati Bidang Ekonomi dan Keuangan meliputi Perdagangan, Perindustrian, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Kelautan, serta bidang terkait lainnya menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut. Diharapkan dengan adanya diskusi siang ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan pertanian khususnya di wilayah Pati.

Kepala Balingtan, Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si, memaparkan profil, fasilitas, tugas pokok dan fungsi Balingtan terutama dalam bidang penelitian terkait residu pestisida, remediasi lahan, penggunaan pestisida nabati dan juga emisi gas rumah kaca serta perubahan iklim. Selain itu Mas Teddy juga mengenalkan produk-produk hasil penelitian Balingtan yang dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan oleh petani guna meningkatkan kualitas produk pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Diskusi berjalan dua arah, terutama masalah-masalah teknis di lapang seperti rendemen tebu, residu pestisida dan penggunaan pestisida secara berlebih, pengenalan teknologi Balingtan kepada petani dan milenial.

Ditanggapi oleh Dr. Harsanti selaku Ketua Kelompok Peneliti Evaluasi Penanggulangan Pencemaran Pertanian bahwa Balingtan telah melakukan penelitian residu pestisida bukan hanya di tanah, air bahkan juga telah mengambil sampel darah petani. Selain itu juga melakukan remediasi dengan menggunakan teknologi Balingtan seperti urea berlapis biochar dan memberikan bimbingan teknis kepada petani, pendamping petani serta penyuluh.

Pestisida nabati menjadi salah satu produk unggulan Balingtan yang sangat diharapkan oleh Komisi B DPRD untuk di diseminasikan kepada petani guna meningkatkan kualitas dan mutu hasil pertanian. Ketersediaan pestisida nabati di pasaran sangat diharapkan agar petani lebih mudah mengakses dan menggunakan produk tersebut, mengingat belum banyak produsen yang memproduksi pestisida nabati ini.

Diskusi ini juga menjadi ajang silaturahim sekaligus mengenalkan Balingtan kepada Komisi B DPRD mengenai teknologi unggul Balingtan dan keterbukaan Balingtan dalam menerima kunjungan dan diseminasi teknologi Balingtan.

“Balingtan memberikan pelatihan kepada petani untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar untuk pembuatan pestisida nabati yang digunakan sebagai penguat imun tanaman.” Papar Mas Teddy Sutriadi.

“Balingtan juga membuka pintu kepada siapapun untuk berkunjung dan melakukan kerjasama. Selama ini, tamu Balingtan berasal dari berbagai kalangan, pelajar, mahasiswa, petani, perusahaan swasta dan stakeholder pertanian lainnya.” Imbuh Rina Kartikawati, Kasie Yantek dan Jaslit. Namun karena Pandemi covid-19, untuk sementara Balingtan tidak menerima kunjungan edukasi lingkungan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19. (Nourma & Hidayatuz-Balingtan)

Medsos Facebook