Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Gelar Promosi Agrobisnis V Soropadan 28 Juni – 2 Juli 2012

Berita Balingtan - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Gelar Promosi Agribisnis (GPA) V di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani BW Agro Center Soropadan, Jalan raya Magelang KM. 13 Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan secara resmi di buka oleh H. Bibit Waluyo di Sub Terminal Agribisnis Soropadan Temanggung dan dihadairi Bupati/wali kota, ekportir dari singapura serta menteri Pertanian yang diwakili PLT Dirjen P2HP Bangun Hartini, Msi. Dalam upaya mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan hasil pertanian yang berbasis Good Agriculture Practice (GPA), Good Handling Practices (GHP) dan Good Manufacturing Practices (GMP).

Dalam sambutanya Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo menyampaikan, GPA V Soropadan 2012 sangat sesuai dengan gerakan Bali nDeso mBangun deso. GPA diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera, mandiri, berkemampuan, berdaya saing tinggi melalui pengembangan pertanian sebagaimana misi kedua pembangunan Jawa Tengah Tahun 2008-2013, yakni “Membangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pertanian dalam Arti Luas dengan Melaksanakan Sapta Usaha Tani, Pemberdayaan UKM dan Industri Padat Karya”.

Menteri pertanian yang diwakili PLT Dirjen P2HP Bangun Hartini, Msi menyampaikan bahwa Provinsi Jawa tengah yang merupakan cental produk unggulan nasional agar selalu dikembangkan. Dengan membatasi impor dan menggalakkan produk buah dan sayuran unggulan akan meningkatkan produksi Hortikultural dalam negeri, sehingga petani dalam negeri akan meningkat kesejahteraanya. Selain itu diikuti juga oleh Anggota Mitra Praja Utama (MPU) dari Provinsi Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Bali, NTT dan NTB. Sedang kegiatan GPA V Soropadan antara lain berupa: Pameran teknologi pertanian, sarana produksi pertanian, bursa komoditas pertanian unggulan, Pasar lelang spot dan forward, Lokakarya serta sarasehan pertanian.

 

“Bangga dan Cinta Menggunakan Produk Petani, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat” merupakan tema Gelar Promosi Soropadan V 2012 (GPA) kali ini. Jawa Tengah adalah salah satu penghasil produk pertanian unggulan, sehingga event kali ini adalah momen strategis untuk mengenalkan produk Jawa Tengah dan meningkatkan pemasaran produk pertanian dari Jawa Tengah. Acara ini diikuti dari berbagai instansi bak bisnis maupun pemeintahan yang mempromosikan produk ungulan dari masing- masing daerah di Jawa Tengah. Stan pengisi acara expo merupakan perwakilan dari beberapa dinas kota/kabupaten di Jawa Tengah. Stand BPTP Jawa Tengah kali ini menampilkan kegiatan yang telah dan tengah dilaksanakan diantaranya, PSDS, SLPTT, MP3MI, FEATI dan lainnya. Turut meramaikan joglo BPTP Jawa Tengah yaitu Balai Penellitian Lingkungan Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Hias, BPTP Yogyakarta, Balai Penelitian Ternak Bogor, KUB Ngudi Raharjo, KUB Tunas Merbabu, CV Prima Utama dan lainnya. Produk yang didisplaykan pada stand BALINGTAN diantaranya: Arang aktif (tongkol jagung, sekam padi, tempurung kelapa), Urea berlapis arang aktif, asap cair arang aktif, kompos Balingtan (COMBA), penyerap bau dari arang aktif, sabun dari arang aktif, tumbuhan yang bisa menyerap logam berat, dan lain-lain.   Mesin-mesinnya diantaranya GC CP-4900 (GC Portable), Infra Red Gas Analyzer (IRGA), dan lainnya. Pengunjung sangat antusias dan sangat tertarik melihat stand Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (BALINGTAN) Pati, yang menampilkan hasil inovasi dan teknologi dari Badan Litbang Pertanian.