Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kegiatan Pendampingan Kostratani Kec. Pucakwangi Kab. PATI

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Balingtan melakukan pendampingan kegiatan Kostratani di BPP Kecamatan Pucakwangi. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir kendala selama kegiatan berlangsung agar dapat dilaporkan dan dilakukan upaya tindak lanjut. Hingga saat ini BPP Pucakwangi sedang mengumpulkan eRDKK dan CPCL untuk bantuan benih dan pupuk subsidi.

Petani di Kecamatan Pucakwangi mendapatkan bantuan benih Bisi 226 untuk luasan lahan 1090 Ha dan bantuan benih padi untuk luasan 100 Ha. Panen jagung musim sebelumnya telah dilakukan dengan produktivitas jagung mencapai 6-7 ton/Ha. Awal September sebagian petani juga telah menanam jagung dengan luasan 115 Ha. Adapun program yang dilaporkan rutin setiap minggu yaitu pelaporan Luas Tambah Tanam (LTT) dan Luas Tambah Panen (LTP) Kec Pucakwangi. Kegiatan teknis di lapangan lain yaitu adanya ubinan panen komoditas, pendampingan petani atau kelompok tani.

Kendala adanya batasan kuota (80%), tidak semua petani yang terdaftar di CPCL mendapatkan bantuan benih, banyak petani yang memiliki lahan >10 ha mendaftarkan eRDKK, bantuan alsintan tidak sesuai kebutuhan lokasi/ tidak tepat sasaran, dan adanya kendala sinyal internet (menghambat pelaporan LTT, LTP, eRDKK dan aplikasi lainnya). (Admin Balingtan)

Medsos Facebook