Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kegiatan Pendampingan BPP Model Kostratani Kec Jakenan Kab. Pati

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
   
 
 
       

Berita Balingtan - Balingtan melakukan pendampingan Kostratani di BPP Kec Jakenan dengan harapan program-program strategis Kementan dapat tetap berjalan meski di tengah pandemi covid-19. Adanya koordinasi dan pendampingan juga meminimalisir kendala teknis lapang agar dapat dilaporkan langsung dan ditindaklanjuti.

Tim Balingtan saat ini melaporkan bahwa BPP Kostra Tani sedang mengumpulkan dan merekapitulasi eRDKK dan CPCL untuk bantuan pupuk subsidi dengan batas pengumpulan CPCL pupuk subsidi pertengahan Oktober 2020. Selain pupuk subsidi, bantuan lain yang menggunakan persyaratan lengkap CPCL yaitu bantuan benih. Bantuan benih yang diterima bergantung pada ketersediaan benih pusat dan pengumpulan CPCL bantuan benih juga ditargetkan selesai akhir Oktober ini. Program lain yang sedang berjalan di BPP Jakenan yaitu rekapitulasi administrasi AUTP atau Asuransi Usaha Tani Padi. Adapun program yang dilaporkan rutin setiap minggu yaitu  pelaporan Luas Tambah Tanam (LTT) dan Luas Tambah Panen (LTP) Kec Jakenan. Kegiatan teknis di lapangan lain yaitu adanya ubinan panen komoditas, pendampingan petani atau kelompok tani.

Kendala yang dialami oleh BPP Kostratani yaitu  minimnya bahan pendukung operasional Kostra Tani seperti ATK, kendala sinyal internet yang dapat menghambat pelaporan kegiatan terutama LTT dan LTP yang dilaporkan rutin dan juga menghambat eRDKK dan aplikasi lain yang mendukung aktivitas BPP Jakenan. Kendala lain yang dirasakan oleh BPP Jakenan yaitu kendala teknis Kartu Tani yang terkadang mengalami misscomunication mengenai jumlah pupuk diperoleh petani. (Nourma dan Edi - Balingtan)

Medsos Facebook