Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Bimbingan Teknis Hilirisasi Inovasi dan Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Selasa, 7 September 2021, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan bimbingan teknis hilirisasi inovasi dan teknologi pertanian ramah lingkungan. Bertempat di ruang rapat Lavender hotel Aston Kabupaten Jember bimtek ini dihadiri petani binaan komisi IV DPR RI H. Charles Meikyansah, S.Sos, M.I.Kom, Koordinator penyuluh sekabupaten Jember, Kabid Dinastan Jember beserta staf.

Acara dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) Bapak Ir Mas Teddy Sutriadi M.Si menyampaikan penggunaan pupuk dan pestisida sangat berlebihan saat ini. Baru-baru ini di Sumatera Barat, petani yang membudidayakan cabai dan bawang merah rela menjual asset berharganya untuk menjamin hasil panen supaya tidak rugi dengan menyemprot pestisida setiap hari dengan penggunaan yang tidak masuk akal dan penggunaan yang berlebihan. Hal tersebut dilakukan akibat ketakutan kegagalan panen. Sehingga produknya sangat membahayakan bagi manusia dan lingkungan  baik itu tanah maupun air.

 

Imam Mashudi, S.P Kasi Penyuluhan Dinas TPHP mewakili Bapak Kepala Dinas TPHP mengatakan bahwa dampak perubahan iklim yang mengakibatkan penggunaan pestisida dan pupuk yang berlebihan harus diatasi. Bimtek ini sangat bermanfaat dalam mengatasi hal tersebut. Inovasi teknologi dari Balitbangtan sudah banyak dihasilkan dan semoga dapat diterapkan oleh petani di jember dan juga disebarluaskan kepada teman-teman petani yang lain.

"Jember merupakan lumbung pangan secara nasional.Pertanian ramli sangat penting untuk kita semua, karena akan menjamin pertanian masa depan  untuk anak cucu kita. Bimtek ini dapat dikolaborasikan dengan kegiatan pertanian dari dinas pertanian jember agar Bimtek dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan kolaboratif. Bimtek ini semoga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi  petani, masyarakat jember , dan bangsa indonesia.", sambutan dari Bapak H. Charles Meikyansah, S.Sos, M.I.Kom via zoom.

Materi Peran Bahan Organik bagi Kesuburan Tanah disampaikan oleh Ir. Marga Mandala, M.P., Ph. D dari Universitas Jember, materi Biochar & Biokompos disampaikan oleh Asep Kurnia, SP, Eng dan materi Biopestisida disampaikan oleh Poniman, SP, M.Ling dari Balingtan. Dalam acara ini Balingtan menyerahkan buku 600 teknologi ke Dinas TPHP.