Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Penyampaian Hasil Seminar Teknologi Pengendalian Lingkungan Pertanian untuk Negara-negara Berkembang Di Yangling-China (29 Juni – 20 Juli 2012)

Berita Balingtan - Balingtan sejak bulan Mei 2012 secara rutin menyelenggarakan seminar internal yang diselenggarakan setiap dua minggu sekali. Seminar diselengarakan tanggal 23 Juli 2012 dengan Presentasi hasil perjalanan mengikuti seminar di Yangling-China disampaikan oleh Rina Kartikawati, SP. Seminar ini disampaikan dengan bahasa Inggris karena diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi peneliti Balingtan dalam menerapkan Bahasa Inggris.

Dari hasil presentasi disebutkan bahwa seminar tersebut dilaksanakan di Xingcheng Horizon Hotel yang berlokasi di Yangling, Propinsi Shaanxi pada tanggal 29 Juni – 20 Juli 2012. Seminar diikuti oleh 30 peserta dari 19 negara berkembang di Asia dan Afrika.  Adapun negara-negara Asia yang mengikuti seminar tersebut adalah  Myanmar, Indonesia, Thailand, Jordan, Kyrgyztan, Pakistan, Palestine,and Syria. Sedangkan dari Afrika antara lain Cameroon, Ethiopia, Ghana, Kenya, Liberia, Sierra Lione, Tanzania, Uganda, Zanzibar and Zimbabwe. Seminar ditujukan untuk pengajaran teknik praktek dan pelatihan manajerial, mendorong persahabatan dan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antara China dengan negara berkembang, serta  mempercepat pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan ekonomi sosial di negara-negara tersebut. Seminar dan pelatihan meliputi berbagai kegiatan seperti perkuliahan, diskusi, field trip dan praktek.

 

Topik utama dari seminar/pelatihan adalah “Teknologi Untuk Mengendalikan Lingkungan Pertanian” di China yang diuraikan dalam delapan sub-topik mata kuliah, yaitu: Pengelolaan konservasi tanah dan lingkungan pertanian, Teknologi penyimpanan air irigasi untuk tanaman, Pengelolaan hara tanaman, Jenis dan karakteristik fasilitas rumah kaca, teknik perlindungan tanaman,  Model dan kebijakan penyuluhan pertanian, Hutan lindung dan fungsinya di Cina dan Masalah utama lingkungan pada produksi pertanian dunia.  Di samping mengikuti kuliah dan pelatihan, peserta juga mengikuti kegiatan lapang antara lain kunjungan ke Modern Agricultural Demonstration Park, Greenhouse untuk melihat aplikasi teknologi pengendali lingkungan pertanian, Research Station of Northwest, Agriculture and Forestry University, Water Saving Irrigation Experimental Station” dan Praktek Grafting sayuran serta beberapa kunjungan ke tempat-tempat menarik, yaitu  ke The Great wall, Forbidden City, Ceramic Museum, The Olympic Park (water cube and bird nest), The Silk street (yang berlokasi di Beijing) and ke Museum of Terra-Cotta warriors, Bell Tower and Hui (muslim) street (yang berlokasi di Xi’an).