Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pantau OPT di Kostratani Margoyoso

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 

Berdasarkan informasi dari petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Jawa Tengah merupakan wilayah endemik penggerek batang padi. Berdasarkan fakta tersebut dipandang perlu untuk melakukan suatu penelitian terkait sebaran OPT penggerek batang padi pada lahan sawah di Kecamatan Margoyoso dengan tujuan menghasilkan suatu informasi spasial terkait keberadaan penggerek batang padi yang berguna bagi permerhati pertanian dan para pengambil kebijakan.

Survei pendahuluan instansional telah dilakukan dengan berkunjung ke kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Margoyoso pada Kamis, 30 September 2021. Dalam kunjungan tersebut diperoleh informasi terkait kondisi existing tanaman padi di Kec. Margoyoso seperti rata-rata umur dan fase pertumbuhan tanaman padi, OPT yang banyak menyerang dan perkiraan waktu panen. Kunjungan diakhiri dengan terjun langsung ke area sawah tanaman padi dengan didampingi oleh penyuluh pertanian dan pengamat opt Kec. Margoyoso.

Medsos Facebook