Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Soropadan Agro Festival (SAF)

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Suropadan Agro Festifal, kembali di gelar, setelah kurang lebih tiga tahun vakum. Pada 2022 ini, gelaran expo kali ini adalah Soropadan Agro Festival (SAF). Event selama tiga hari, Senin – Rabu (24 – 26 Oktober 2022) tersebut menyuguhkan produk-produk unggulan pertanian dari kota/kabupaten se-Jateng. SAF 2022 merupakan kegiatan temu inovasi wirausaha pertanian dan ada juga festival kopi dan tembakau. Tema SAF di 2022 adalah Gumregah Gayeng Bareng Petani Jateng(Bangkit Bersama Petani Melenial Jateng Menuju Kedaulatan Pangan Nasional).

Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) dalam hal ini dikoordinir oleh BPTP Jawa Tengah pada joglonya, menampilkan berbagai macam produk-produk unggulan berupa realia dan media publikasi berasal dari Balithi, Balitas, Balingtan, Balitjestro, BPTP Yogyakarta, Lolit Sapi, Balit Palma dan lain-lain. Balingtan Mngenalkan teknologi dan produk pertanian ramah lingkungan meliputi :

  • Teknologi Pengambilan Sampel Gas Rumah Kaca secara otomatis
  • Biokompos
  • Bichar
  • Bopestisida
  • Kompos
  • Stik dari berbagai bahan baku
  • Beras Sehat
  • Acap cair

Ternyata, vakumnya kegiatan expo Soropadan selama tiga tahun, tidak menyurutkan minat masyarakat mengunjungi Joglo BPTP Jateng, justru sebaliknya. Perhatian, minat, dan keingintahuan pengunjung semakin besar. Tidak hanya petani dan masyarakat umum, para pengusaha, juga pelajar, mahasiswa dan stakeholder lainnya. Pembagian benih sayuran dalam hitungan menit, habis tak bersisa. Suguhan minuman rosella dan montelang (Lemon dan bunga telang) pun punya cerita sama. Ayam KUB Masih menjadi pusat perhatian pengunjung. Forum diskusi dan konsultasi yang digelar kali ini sungguh menggembirakan, menandakan hausnya masyarakat akan pengetahuan dan perkembangan teknologi pertanian begitu tinggi.

Maju terus pertanian Indonesia!!!