Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kaji Ulang Manajemen di Laboratorium Balingtan

Berita Balingtan - Pada hari Senin Tanggal 30 Juli 2012 diadakan Kaji Ulang Manajemen di Laboratorium Balingtan. Kaji Ulang Manajemen merupakan salah satu klausul dalam ISO/IEC 17025:2005 dan diselenggarakan oleh Laboratorium Balingtan sebagai upaya implementasi pelaksanaan manajemen sesuai ISO/IEC 17025:2005. Kegiatan Kaji Ulang Manajemen di Laboratorium Balingtan diselenggarakan satu tahun sekali sesuai dengan ketetapan yang tercantum dalam Panduan Mutu Laboratorium. Kegiatan Kaji Ulang Manajemen dihadiri oleh Manajer Puncak, Manajer Mutu, Manajer Administrasi, dan Manajer Teknis serta para Penanggung Jawab Laboratorium, baik itu laboratorium Terpadu, GRK, maupun RBA. Sesuai dengan jadwal dan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya, manajemen puncak laboratorium secara periodik menyelenggarakan kaji ulang pada sistem manajemen laboratorium dan kegiatan pengujian yang dilakukan untuk memastikan kesinambungan, kecocokan, dan efektivitasnya, serta untuk mengetahui perubahan atau peningkatan yang diperlukan.

 

Kaji ulang memperhitungkan kecocokan kebijakan dan prosedur, laporan dari staf manajerial dan personil penyelia, hasil audit internal, tindakan perbaikan dan pencegahan, hasil asesmen, hasil uji banding antar laboratorium dan uji profisiensi, perubahan volume dan jenis pekerjaan, umpan balik pelanggan, pengaduan, rekomendasi tentang peningkatan, dan faktor relevan lainnya seperti kegiatan pengendalian mutu, sumber daya dan pelatihan staf. Kegiatan berlangsung mulai pukul 9.30 WIB dengan acara pertama adalah pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Balai yang sekaligus merangkap sebagai Manajer Puncak, dilanjutkan dengan menjaring masukan hal yang perlu dibahas dari staf manajerial dan penyelia, setelah itu mulai diadakan pembahasan dan kajian mengenai masalah yang ada dimulai dari yang berkaitan persyaratan manajemen sampai kepada yang berkaitan dengan persyaratan teknis sesuai ISO/IEC 17025:2005. Acara diakhiri dengan perumusan hasil kajian  dan ditutup pada pukul 16.00 WIB. Temuan kaji ulang manajemen dan tindakan yang dilakukan direkam dan selanjutnya manajemen menargetkan jangka waktu tindak lanjut yang sesuai dan disepakati serta memastikan tindakan tersebut dilaksanakan.