Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kunjungan Laboratorium Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Ke Sucifindo Dan BATAN Jakarta (25-26 JULI 2012)

Berita Balingtan - Laboratorium Balai Penelitian Lingkungan Pertanian terdiri dari laboratotium terpadu, laboratorium residu bahan agrokimia dan laboratorium gas rumah kaca (GRK). Laboratorium terpadu dan gas rumah kaca terletak di Jl. Raya Jakenan-Jaken KM 5 juana-Pati, sedangkan laboratorium residu bahan agrokimia terletak di Jl. Laladon raya no. 42 Ciomas, Bogor. Laboratorium terpadu menangani analisis kimia tanah, air, tanaman, dan pupuk, sedangkan laboratorium GRK menangani analisis gas rumah kaca.

Laboratorium Balingtan pada tanggal 25-26 Juli 2012 mengadakan kunjungan ke Sucofindo Cibitung, Bekasi dan BATAN Pasar jumat, Jakarta.  Kunjungan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan personel laboratorium dalam rangka meningkatkan kompetensi personel laboratorium.  Selain itu kunjungan ini digunakan sebagai sarana pembelajaran dari laboratorium-laboratorium yang telah terakreditasi  lebih dahulu.

 

Hari pertama, rabu 25 Juli 2012 rombongan Balingtan mengadakan kunjungan ke Sucofindo Cibitung, Bekasi.  Rombongan diterima di lobi yang juga merupakan tempat penerimaan sampel konsumen, kondisi lobi sangat representatif untuk menunggu. Selanjutnya rombongan dibawa ke ruang pertemuan dan ditemui Ibu Susan dan Ibu Suri dari pihak manajemen Sucofindo. Setelah acara ramah tamah, rombongan diajak berkeliling melihat-lihat laboratorium yang ada di Sucofindo. Sucofindo Cibitung memiliki 4 (empat) laboratorium yaitu laboratorium gas dan minyak, laboratorium pertanian, laboratorium tekstil dan laboratorium umum. Laboratorium umum terdiri dari laboratorium mainan, laboratorium pangan, laboratorium lingkungan dan laboratorium kimia. Pihak Sucofindo sangat perduli dengan keselamatan dan kesehatan para pekerjanya dilihat dari papan peringatan yang terdapat di setiap pintu masuk laboratorium, alat pemadam kebakaran yang terdapat di setiap koridor, alarm untuk keadaan darurat, petunjuk dan tempat evakuasi untuk keadaan darurat,  serta tata tertib di dalam laboratorium. Seluruh ruangan laboratorium menggunakan pendingin ruangan yang dilengkapi dengan alat penghisap udara di langit-langit ruangan. Ruang ekstraksi dan ruang pengukuran dipisah, khusus untuk ruang asam disekat terpisah. Laboratorium Sucofindo didukung oleh analis-analis muda yang kompeten di bidangnya dan disupervisi oleh analis senior. Alur kegiatan di laboratorium Sucofindo :

1. Penerimaan sampel oleh bagian Customer Service.

2. Pencatatan sampel oleh bagian administrasi dan pemilahan sampel menurut jenis sampel dan    analisanya.

3. Pendistribusian sampel ke laboratorium tujuan

4. Pengelolaan sampel oleh masing-masing laboratorium, seperti :

a. Preparasi sampel

b. Destruksi sampel

c. Pengukuran sampel

5. Pelaporan hasil analisa ke bagian administrasi dan perhitungan beaya analisa

6. Penyerahan hasil analisa dari administrasi ke customer service untuk ditagihkan ke konsumen.

Hari kedua, Kamis 26 Juli 2012 rombongan mengadakan kunjungan ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Pasar Jumat, Jakarta. Rombongan disambut hangat dan dijelaskan tentang sejarah, visi, misi, dan lain sebagainya di studio diseminasi BATAN. Disini kami mendapat pengetahuan tentang radiasi, bahaya radiasi, dan manfaat energi nuklir. Selanjutnya rombongan dibawa ke ruang display BATAN dan diperlihatkan batu sumber uranium, uranium yang telah jadi, proses pengolahannya, alat-alat peraga pembangkit listrik tenaga nuklir, dan produk-produk BATAN seperti benih padi dan kedelai. Selanjutnya rombongan dibawa ke laboratorium-laboratorium yang ada di BATAN seperti laboratorium residu pestisida dan laboratorium analisis air.