Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Sektor Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Teknologi Balingtan - Inventarisasi GRK merupakan upaya untuk mendapatkan data dan informasi mengenai tingkat, status, dan kecenderungan perubahan emisi GRK secara berkala dari berbagai sumber emisi (source) dan penyerapnya (sink), termasuk simpanan karbon (carbon stock).

Ada beberapa kegiatan dalam sektor pertanian yang menjadi sumber Gas Rumah Kaca yaitu emisi gas dari lahan sawah, sendawa ternak, pengelolaan kotoran ternak, penggunaan kapur pertanian, pemupukan urea, pembakaran lahan, perubahan penggunaan lahan serta emisi dari lahan gambut.

Dalam melakukan inventarisasi GRK ditemui banyak kendala diantaranya kesulitan dalam pengumpulan data untuk perhitungan serta perhitungan inventraisasai GRK bagi instansi tekait di luar kementerian pertanian.

Kegiatan FGD Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Sektor Pertanian tanggal 28 Februari sampai dengan 2 Maret 2019 yang di hadiri oleh Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Balai Tanah, Balai Penelitian Lahan Rawa, Balai Penelitian Ternak serta Biro Perencanaan Kementerian Pertanian. Dalam kegiatan tersebut dirumuskan penggunaan perhitungan yang disederhanakan/dikelompokkan menggunakan IPCC Guidelines sehingga lebih familiar bagi instansi lain yang berkaitan dengan inventarisasi GRK sektor pertanian. (Admin Balingtan)