Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Balingtan Mengikuti Bimtek PPID Kementerian Pertanian, Demi Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Balingtan telah berkomitmen untuk mendukung penuh keterbukaan informasi publik dan selalu berupaya dalam meningkatkan layanan informasi publik. Salah satunya yaitu dengan mengikuti bimtek PPID yang diselenggarakan oleh PPID Utama, bertempat di BPTP Yogyakarta pada tanggal 26-27 April 2021. Acara yang berlangsung dua hari tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan Pejabat dan Petugas PPID dalam mengelola Portal PPID dan memberikan informasi kepada publik. Acara tersebut juga diikuti oleh 9 PPID Pelaksana UPT Kementerian Pertanian yang berlokasi di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada hari pertama peserta mendapatkan materi tentang pengenalan aplikasi PPID yang disampaikan oleh PPID Utama. Pemateri menjelaskan bahwa aplikasi PPID dapat diakses oleh Petugas dan Pejabat PPID. Petugas PPID bertugas untuk menerima permohonan, verifikasi permohonan dan transfer permohonan ke pejabat PPID. Pejabat PPID bertugas untuk memproses permohonan. Peserta mendapatkan bimbingan cara memproses permohonan hingga selesai dan juga bagaimana cara mengunggah dokumen ke Aplikasi SIDADO yang ada di portal PPID dengan praktik secara langsung.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D, dalam arahannya Bapak Kuntoro menjelaskan pentingnya PPID dalam informasi publik, dan juga berharap supaya semua PPID Pelaksana UPT yang hadir dalam acara tersebut ikut berkontribusi dalam mempertahankan predikat Kementerian Pertanian sebagai Kementerian paling infromatif oleh Komisi Informasi Publik, dan supaya kita semua Konsisten menjaga performance dari layanan informasi dan terus melakukan inovasi dalam keterbukaan informasi publik.

Peserta Bimtek juga mendapat bimbingan cara menyusun Daftar Informasi Publik. terutama terkait pengklasifikasian jenis informasi publik yaitu berkala, serta merta, setiap saat, dan dikecualikan. Supaya acara tidak membosankan dan untuk membuat peserta  lebih memahami jenis informasi publik, panitia memberikan tugas kepada peserta untuk  untuk mengklasifikasikan 27 informasi publik, apakah bersifat berkala, setiap saat atau dikecualikan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan Daftar Informasi Publik. Acara Bimtek PPID kemudian ditutup oleh Kabag Humas dan Informasi Publik Bapak Erwin zulkarnaen. (BNS-Balingtan)

Medsos Facebook