Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Survailen Laboratorium Balingtan, Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Pengujian Menjadi Laboratorium Terdepan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Laboratorium Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) merupakan laboratorium yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2005 sebagai laboratorium penguji dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 11 Desember 2011 dan melakukan reakreditasi ISO/IEC 17025:2005 yang pertama pada April 2015, serta telah mendapatkan sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 berdasarkan reakreditasi kedua yang telah dilaksanakan pada November 2019. Laboratorium Balingtan terdiri dari dua Laboratorium, yaitu Laboratorium terpadu dan Laboratorium Gas Rumah Kaca (GRK)

Menjadi Laboratorium uji mutu pestisida yang handal dan berkualitas merupakan salah satu cita – cita Laboratorium Balingtan yang telah diupayakan dengan penuh kerja keras oleh seluruh personel Laboratorium Balingtan. Bukan hanya itu, Laboratorium Balingtan juga akan menambah ruang lingkup parameter pengujian untuk pupuk organik padat, sehingga dapat menjadi rujukan bagi uji mutu pupuk organik. Oleh karena itu, pada tanggal 29-30 April 2021 dilakukan Survailen dan Asesmen Perluasan Ruang Lingkup oleh KAN. Survailen dilakukan secara remote asesmen atau melalui Zoom Meeting untuk menghindari penyebaran Covid 19. Tim asesor KAN yang bertugas adalah Ibu Salmeiningsih sebagai asesor kepala dan Ibu Raden Tina Rosmalina sebagai asesor anggota.

Kegiatan asesmen selama dua hari tersebut dimulai dengan acara pembukaan yang diikuti oleh seluruh personil Laboratorium Balingtan. Acara dibuka oleh Manajer Mutu Laboratorium Anik Hidayah, S.Si., M.Biotech. Kepala Balingtan selaku Manajer Puncak Laboratorium, Bapak Ir, Mas Teddy Sutriadi, M.Si. juga berkesempatan untuk memberikan arahan kepada seluruh personel laboratorium, supaya seluruh personel mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan sungguh – sungguh. Beliau juga menjelaskan bahwa uji mutu pestisida dan pupuk organik sangat penting bagi Balingtan karena terkait erat dengan kegiatan penelitian yang dilakukan selama ini dalam mendukung pertanian ramah lingkungan, sehingga diharapkan kegiatan survailen ini berjalan dengan baik dan penambahan ruang lingkup pengujian dapat terlaksana.

Beberapa hal yang menjadi perhatian asesor dari aspek mutu hingga teknis seperti, persyaratan umum, struktural, dokumen, sumber daya, hingga teknis pengujian kimia ruang lingkup (RL)  residu pestisida, kimia tanah rutin, logam berat dan udara emisi lingkungan pertanian. Untuk perluasan ruang lingkup (PRL) dilakukan asesmen terhadap aspek pengujian kimia, kemurnian bahan aktif organofosfat dan klorpirifos, serta pengujian pupuk organik padat dengan parameter, Kadar air, pH, C Organik, N total, KTK, P dan K Potensial, Al dan Fe. Proses survailen dilakukan dengan sangat rinci dari semua aspek demi kemajuan Laboratorium Balingtan

Pada hari kedua kegiatan survailen, asesor menyampaikan temuan ketidaksesuaian dokumen maupun teknis RL dan PRL terkait SNI ISO/IEC 17025:2017 dalam pengelolaan Laboratorium Balingtan. Tindak lanjut perbaikan dan verifikasi harus segera dilakukan dalam kurun waktu dua bulan. Pada acara penutupan, Manajer Puncak menyampaikan kepada seluruh personel untuk segera mempersiapkan jawaban dan tindak lanjut dari temuan ketidaksesuaian dengan sebaik-baiknya. (BNS-Balingtan)

Medsos Facebook