Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Bimbingan Teknis dan Temu Lapang Hilirisasi di BALINGTAN

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Balingtan (29/09) mengadakan Bimbingan Teknis dan Temu Lapang Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan dengan tema “Pertanian Ramah Lingkungan”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan hasil dari produk teknologi inovasi Balitbangtan. Bimtek dan Temu Lapang ini dihadiri oleh penyuluh dari BPP Jaken, BPP Jakenan, BPP Pucakwangi, dan BPP Winong.  Acara ini dibuka oleh Eni Yulianingsih, SP, MP (Plh sub koordinasi jasa penelitian). Beliau berharap dengan bimtek mempercepat hilirisasi produk dan inovasi teknolgi pertanian di kabupaten Pati.

Materi bimtek disampaikan oleh peneliti senior Balingtan (Bp. Poniman, S.P., M.Ling) dengan judul “Pemanfaatan Biopestisida dan Biokompos Perspektif Pertanian Ramah Lingkungan: Pertanian masa depan”. Tema ini dipilih karena saat ini mulai timbul masalah pertanian seperti produktivitas lahan yang melandai, ancaman serangan OPT, dan timbulnya pencemaran lingkungan. Selain mendapatkan materi, peserta juga diajarkan cara menggunakan PUTK, PUTS, dan PUPO untuk menguji kesuburan tanah dan pupuk yang akan mereka gunakan. Dengan adanya Bimtek dan Temu Lapang ini rekan-rekan penyuluh dapat menularkan ilmu yang didapat kepada petani sehingga pertanian di Indonesia menjadi lebih maju, mandiri, dan modern.